About

PENYULUH MOHAMAD DAHLAN TELAH BERPULANG

PENYULUH MOHAMAD DAHLAN TELAH BERPULANG

“Kang Dahlan” begitu panggilan akrab Mohamad Dahlan, penyuluh agama Islam pertama, wilayah Kecamatan Cilacap Tengah. Rabu (29/7) sekitar pukul 22.30 dinyatakan meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan lalulintas di Kecamatan Sampang.

Menurut penuturan temannya, Kang Dahlan hendak menghadiri acara istigozah di rumah KH Arifin Kec Sampang. Saat hampir sampai di tempat tujuan, terdengar suara keras “Braaak”. Serentak, peserta istigozah menuju tempat kejadian, dan ternyata Kang Dahlan didapati sudah tergolek tak bernyawa. Menurut keterangan yang berwajib, lawannya adalah pengendara sepeda motor yang mabuk, dan hingga saat ini masih dirawat intensif di RSI Fatimah.
Dalam sambutannya, Kakankemenag Kab Cilacap, Mughni Labib mengatakan bahwa Mohamad Dahlan merupakan sosok yang sangat giat dalam organisasi. Dia berperan sebagai sekretaris Lembaga Dakwah NU dan Kelompok Kerja Penyuluh Kabupaten Cilacap. Selain itu dia juga menjabat ketua RW di lingkungannya. Selain dikenal gigih dalam melaksanakan tugas, dia juga dikenal sebagai sosok periang dan hampir tidak pernah marah kepada siapapun. “Kami merasa kehilangan, tatapi inilah kehendak dari Yang Maha Kuasa. Semoga amal ibadahnya mendapat ridha Allah SWT dan mendapat tempat terbaik. Untuk keluarga yang ditinggalkannya, semoga diberi kekuatan dan ketabahan serta keselamatan dunia hingga akhirat,” ungkapnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Cilacap, Ahmad Edi Susanto, mengatakan kesan terakhirnya saat bersama Kang Dahlan pada acara pengajian rutin hari Selasa di Masjid Agung Darussalam Cilacap. Dirinya berfoto bersama dan berbisik agar Wakil Bupati merapat dan selalu dekat dengan ulama. “Kami sangat kehilangan sosok yang angat giat dalam syiar keagamaan. Semoga arwahnya diterima di sisi-Nya dan mendapatkan cahaya terang di alam kubur,” pungkasnya.

Benteng Kokoh
Selain di bidang keagamaan, kiprah Kang Dahlan di dunia olah raga juga tinggi. Posisinya sebagai Goal Keeper di tim Futsal Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap telah menggondol prestasi yang lumayan. Pertama, juara dua tingkat Kabupaten Cilacap dalam rangka memeringati haji jadi Cilacap ke-157 tahun 2013. Dan terakhir dapat menyumbang medali emas sekaligus meloloskan tim Kankemenag Kab. Cilacap sebagai juara umum pada Porseni Kemenag se eks Karesidenan Banyumas tahun 2015 di Purwokerto. Atas raihannya, Kankemenag Kab Cilacap berhasil membawa piala bergilir untuk pertama kalinya.
Sepak terjang Kang Dahlan di dunia Futsal banyak mengundang perhatian publik. Di samping ketangguhan dan kelincahannya menangkap bola walaupun badannya gempal, adalah gayanya saat menangkap bola selalu ditunjukan dengan atraksi menjungkal dan berguling. Selain di tim Kankemenag, kang Dahlan juga bergabung dalam tim Futsal Kabupaten, juga sebagai penjaga gawang yang tangguh. Selamat jalan Kang Dahlan, kami yang ditinggal akan selalu mengenang jasa-jasamu dan semoga perjalanan panjangmu mendapatkan kebahagiaan yang abadi dengan penuh keridhaan-Nya.

0 komentar:

Posting Komentar