About

Buku Zakat Karya Mughni Labib

Untuk memberikan pemahaman yang luas dan menyeluruh tentang zakat dan penerapannya kepada masyarakat luas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Mughni Labib menulis sebuah buku berjudul “Zakat, Teori dan Aplikasi”.

Buku tersebut mengupas secara lengkap dan terperinci bagaimana zakat bisa menjadikan manusia menuju kesejahteraan, perbincangan zakat dalam kacamata  ahli fiqih, zakat dalam lintasan sejarah, potret keberhasilan pengelolaan zakat di dunia Islam, konsep kebijakan tentang zakat, dan fungsi utama zakat untuk menyejahterakan umat.

Cikal bakal diterbitkannya buku Zakat oleh Pustaka Senja Yoyakarta, berasal dari tesis Mughni Labib yang judul “Penerapan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat (Studi Kasus Badan Amil Zakat Kabupaten Banyumas)”. Di mana Mughni Labib ajukan kepada Magister Studi Islam Program Pasca Sarjana Universitas Islam Indonesia pada tahun 2008.

Sebagai sumbangsih nyata Mughni Labib selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap kepada umat Islam, buku zakat menggunakan rujukan berbagai mazhab, memuat teori sekaligus cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari disertai pedoman penghitungan dan contoh-contohnya.

Peluncuran

Secara resmi, buku Zakat yang dicetak sebanyak 500 eksemplar untuk edisi pertama, diluncurkan pada acara sosialisasi zakat bagi pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ), KUA dan Madrasah Negeri se Kabupaten Cilacap, Kamis (26/2) di Aula Graha Darussalam Cilacap.

Di tengah-tengah penjelasan materi tentang fiqih zakat, yakni zakat menurut hukum Islam termasuk zakat profesi, zakat mal dan zakat fitrah, Mughni Labib membagikan buku karangannya yang berjudul “Zakat, Teori dan Aplikasi” kepada seluruh peserta sosialisasi.

Mughni Labib berharap bahwa, buku Zakatnya bisa meningkatkan mental umat Islam untuk menjadi muzaki, sehingga kesejahteraan bisa terwujud melalui zakat.

0 komentar:

Posting Komentar